Senin, 26 April 2010

Makalah PTIK blog

BAB I
PENDAHULUAN

I.1 Latar Belakang
Perkembangan teknologi yang sedang dan terus berlangsung telah mengahasilkan begitu banyak kemudahan dan kenyamanan bagi setiap individu yang merasaknya. Begitu pula halnya dengan akses internet yang telah menjadi suatu hal yang sulit dipisahkan dari kepentingan manusia, sayangnya semua kepentingan manusia dalam penggunaan intenet itu tidak diimbangi dengan pengetahuan yang baik dan benar seputar manfaat dan kegunaan dari situs-situs yang disediakan dalam internet itu sendiri.
Blog adalah salah satu situs di internet yang cukup banyak dipakai oleh idividu di dunia, dan banyak orang yang memanfaatkan blog dengan cara pemanfaatan yang berbeda sesuai dengan kebutuhanya masing-masing.

I.2. Identifikasi Masalah
Blog merupakan salah satu situs yang tersedia di internet, dan tidak banyak orang yang mengetahui manfaat serta kegunaan yang tepat dari Blog itu sendiri.
Apakah manfaat dan kegunaan blog itu adalah tunggal atau bervariasi, dan apakah blog itu sesuatu yang perlu atau malah tidak sama sekali?

I.3. Maksud dan Tujuan
Pembahasan ini dilakukan dengan maksud agar para pengguna internet khususnya pengguna situs blog dapat lebih memahami kegunaan dari situs yang mereka pakai tersebut, dan tentunya agar dapat mengurangi penyalahgunaan dari Blog yang mereka buat.
Dan juga untuk membuat individu diluar pengguna blog menjadi tahu banyak hal dari blog yang mungkin belum pernah mereka akses sama sekali selama mengunakan internet.

I.4. Manfaat Pembahasan
Manfaat dari pembahasan ini diharapkan dapat
1.4.1 Membuka sedikit wawasan dan detail-detail tentang blog
1.4.2 Dapat mengispirasi para pennguna Bog untuk membuat Blognya menjadi sesuai dengan kepentingannya.

I.5. Teknik Pengumpulan Data
Dalam proyek tugas makalah ini penyusun melakukan beberapa cara dan teknik dalam mengumpulkan dan menyusun bahan mentah ( data dan informasi kasar ) yang ada menjadi pembahasan yang baik dan matang.
Adapun langkah-langkah pengumpulan data dan informasinya adalah:
1.Studi Kepustakaan
Penyusun mencari banyak informasi secara teori, definisi, sejarah, dan landasan. Yang dibutuhkan dan akan dikembangkan dari berbagai sumber yang banyak mengetahui dan informasinya bisa dipertanggungajawabkan.

2.Studi Lapangan
Penyusun mengimplementasikan sendiri pembuatan Blog , dan mengakses serta memperbaharui isi blog itu secara rutin.


BAB II
PEMBAHASAN

II.1. Sejarah Blog
Pada tahun-tahun awal internet, sebenarnya beberapa orang sudah mulai membuat situs pribadi. Situs-situs pribadi ini dapat dikatakan sebuah blog, walaupun tampilan dan halaman utamanya masih sangat jauh berbeda dengan blog-blog yang ada sekarang. Orang-orang yang mempunyai situs pribadi / blog pada saat itu hanyalah para webmaster / web developer, karena mereka wajib menguasai HTML dan teknik-teknik lain.
Internet tiba-tiba menjadi sebuah bisnis yang sangat menguntungkan, karena jumlah pengguna internet yang besar di Amerika dan Eropa. Kecepatan prosesor, kualitas kabel optik, dan kapasitas hard disk berkembang pesat; makin lama harga sebuah web server makin murah, dengan kualitas yang makin baik. Belum lagi ditambah gerakan open source yang mengurangi sampai nol biaya yang diperlukan untuk membeli software web server (software yang digunakan banyak orang untuk web server adalah Linux + Apache + MySQL + PHP (LAMP stack).
Karena server yang murah, beberapa orang mencoba membuat jasa membuat situs pribadi dengan mudah – tanpa HTML, tanpa uang, tanpa belajar. Sebagai gantinya biasanya mereka menaruh iklan di situs yang mereka berikan gratis. Praktik ini langsung heboh, dan berlanjut sampai sekarang. Mereka selalu meningkatkan kualitas jasa mereka, sehingga makin lama produk mereka makin interaktif dan makin mudah digunakan. Akhirnya semua orang bisa membuat situs pribadi sendiri tanpa belajar menjadi sebuah webmaster – inilah era blog.
Sekarang para blogger sudah bukan hanya webmaster lagi – mereka adalah pelajar, pengusaha, ibu rumah tangga, artis, bahkan petinggi agama. Para blogger juga bukan lagi eksklusif datang dari Amerika dan Eropa. Hampir semua negara memiliki pasukan blogger; kadang-kadang kita perlu berempati kepada mereka, sebab banyak dari mereka yang “tidak bebas mengeluarkan pendapat” karena negaranya sensitif dan sentimental dalam politik (seperti blogger di Irak, Iran, Israel, Cina).

II.2. Manfaat Blog
Manfaat Blog adalah:
1.Menampung/menuangkan apa yang ada di dalam pikiran kita, sesuai dengan keinginan kita. Lalu, apa bedanya dengan buku? Bedanya adalah "features"nya, begitu banyak dengan berbagai macam fungsi-nya.
2.Kalau kita hendaki, bisa langsung dipublikasikan di Internet atau Dunia Maya.
3.Kekuatan blog dalam dunia dalam dunia pendidikan
* Isinya bisa luas menyangkut banyak hal pengajaran
* Bisa dijadikan ajang belajar menulis untuk menuangkan ide
* Bukti portofolio seorang guru terkait profesionalitasnya
* Relatif lebih hemat biaya
* Menembus ruang
* Bebas aturan alias suka-suka yg nulis (yg ada hanya etika atau aturan tidak tertulis)
* Melepaskan kebiasaan formalitas untuk menghambur uang rakyat
* Pengembangan proses pembelajaran yang bervariatif

4.Blog sangat mudah pengelolaannya dibandingkan website. Bahkan untuk di wordpress.com jika belum berpengalaman dapat membaca cara nge-blog. Ini mudah untuk diikuti. Dengan adanya software blog editor yang bisa dipakai secara offline maka waktu koneksi bisa dipersempit dan hemat biaya jika harus membayar rekening telepon. Dibutuhkan koneksi internet tidak lebih dari 1 jam jika tulisan sudah dipersiapkan secara offline.

5.Blog sebagai media informasi dan promosi sebuah institusi
Dengan semakin berkembangnya zaman maka media komunikasi juga semakin berkembang salah satunya yaitu blog. Jika dahulu mengiklankan sebuah produk perusahaan dengan mengguakan media cetak atau pamflet dan poster yang mengelurkan biaya banyak, maka sekarang promosi sebuah produk dapat menggunakan sebuah blog yang murah meriah dan gratis. Blog juga dapat di jadikan sebagai media promosi seorang penulis untuk memasarkan bukunya. Dengan blog seorang penulis buku dapat memberikan tulisan singkat atau resensi buku ang ditulisnya, sehingga para pembaca dapat tertarik untuk membeli buku tersebut J.

6.Blog dapat disimpulkan sebagai media informasi baik yang bersifat formal
(sebuah institusi) atau informal (ajang tulis menulis kegiatan sehari-hari seorang blogger) yang bersifat murah meriah dan tidak memerlukan keahlian khusus untuk membuatnya misalnya keahlian HTML. Blog sangat mudah dibuat oleh seorang awan dalam dunia website. Blog dapat dihias sesuai dengan keinginan pembuatnya misalnya dipercantik dengan hitcounter, lokasi dan IP address pengakses dan merubah background sesuai keinginan.

II.3. Langkah-langkah membuat Blog
1.Ada banyak situs atau web blog yang bisa kita akses di internet, sebagi contoh salah satunya adalah blogger.com. Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah membuka www.blog.com, dan kemudian akan muncul tampilan seperti dibawah ini.


2.Dalam keadaan tampilan seperti di atas ini, kita cukup mengklik tanda panah besar berwarna orange dengan tulisan “CIPTAKAN BLOG ANDA”, dan kemudian akan muncul tampilan dibawah ini.


3.Halaman seperti di atas meminta kita mengisi beberapa informasi tentang diri kita yang diperlukan untuk bisa mengakses blog nantinya. Hanya dengan mengisi dengan lengkap dan sesuai, lalu kita bisa mengklik tanda panah berwarna orange dengan tulisan “ LANJUTKAN “, dan kemudian akan muncul tampilan dibawah ini.

4.Halaman seperti di atas ini tidak jauh berbeda dengan halaman sebelumnya, kita akan diminta untuk mengisi judul blog beserta nama blog yang akan kita buat. Setelah selesai, klik lagi tanda panah berwarna orange dengan tulisan “ LANJUTKAN “, dan kemudian akan muncul tampilan dibawah ini.

5.Halaman ini meminta kita untuk memilih salah satu dari tampilan background, yang akan tampil dalam tampilan blog kita nantinya. Setelah memilih salah satu, klik lagi tanda panah berwarna orange dengan tulisan “ LANJUTKAN “, dan kemudian akan muncul tampilan dibawah ini.

6.Halaman ini memberi tahu kita bahwa proses daftar ke blog telah selesai, yang perlu kita lakukan hanya mengklik tanda panah orange dengan tulisan “ MULAI BLOGGING “. Selanjutnya halaman yang akan keluar adalah halaman dari blog milik kita, pada halaman tersebut kita bisa memulai memasukan tulisan, iklan, gambar, promosi, dan lain sebagainya sesuai dengan kepentingan kita dalam membuat blog tersebut.
II.4. Jenis-jenis Blog
II.4.1. Berdasarkan Jenisnya
1.Online Diary / Online Journal / Personal blog. Blog yang berisi hal – hal seperti pengalaman, opini, atau pendapat pribadi dari blogger yang mempublish-nya. Poin penting dari personal blog adalah jenis blog ini mengandalkan spontanitas dari blogger itu sendiri. Update dilakukan bisa dengan update teratur atau tidak.
2.Corporate Blog. Blog yang di publish oleh korporasi. Poin pentingnya adalah, blog ini merupakan online representative atau “wajah dari perusahaan” tersebut di ranah internet. Biasanya berkontenkan langkah – langkah yang diambil oleh perusahaan, press realease, konfirmasi terhadap suatu isu tertentu, budaya perusahaan, ulasan mendalam tentang suatu isu yang berkaitan dengan perusahaan, dsb.
3.Project / Product Blog. Blog yang berisi tentang perkembangan suatu project / product. Baik project / produk tersebut berupa aplikasi web , varian baru dari suatu produk, dsb . konten dari blog jenis ini menampilkan perkembangan atau kabar terbaru dari project / produk tersebut.
4.Niche Blog. Blog yang kontennya berfokus pada suatu niche atau topik tertentu. Pada umumnya, blog jenis ini membuat ‘blog’ nya menjadi subjek dari post yang dibuat, alias tidak menunjukan karakter dari penulis konten melainkan karakter dari blog itu sendiri. Blog jenis ini merupakan jenis blog yang mudah untuk di monetisasi ( monetisasi = menghasilkan uang ) karena memiliki target pembaca tertentu.
II.4.2. Berdasarkan Tujuannya
1.Blog untuk berorientasi personal. Poin – poin yang mencirikan blog jenis ini : niche nya seringkali beragam, dan bahasa yang digunakan subjektif atau berorientasi pada penulis post ( blogger oriented
2.Blog untuk Personal Branding. Blog yang dibuat untuk mempromosikan “kapasitas” atau kemampuan dari si pembuat blog / blogger. Ciri – ciri umumnya : membahas niche tertentu, banyak berisi ulasan mendalam, penggunaan bahasa yang formal atau semi formal, dan blog menunjukan karakter si blogger.
3.Blog untuk Monetisasi. Sering juga disebut, build for adsense, meskipun selain PPC ( Adsense ) ada juga sumber income lainya. Blog yang berorientasi pada pengunjung. informasi yang ditampilkan berorientasi pada pengunjung karena diharapkan blog memiliki banyak pengunjung. banyak pengunjung = high traffic = high clicks = high income. Blog jenis ini pada umumnya sangat memperhatikan aspek – aspek yang menunjang supply traffic untuk blog, seperti aspek SEO, widget social bookmark, dsb.
4.Blog untuk portofolio. Blog yang menampilkan hasil karya dari blogger. pada umumnya blog jenis ini dibuat untuk menampilkan karya desain, fotografi ( photoblog ), dan komik ( comicblog ).
5.Blog untuk katalog. Blog yang kontennya berisikan daftar hal – hal yang menarik untuk blogger. Pada umumnya katalog design, kumpulan link – link, dsb.

II.4.3. Berdasarkan Kontennya (Tipe media yang digunakan)
1.Vlog - singkatan dari Video Blog. Blog yang kontennya berisikan video.
2.LinkLog - Blog yang kontennya berisikan kumpulan link.
3.Sketchblog - Blog yang berkontenkan kumpulan sketsa portofolio pemiliknya.
4.Photoblog / Phlog – Blog yang berkontenkan foto.
5.Tumbleblogs - blog berisikan entri text pendek dan kombinasi berbacai media.
6.Typecasting Blog – Blog yang kontennya merupakan tulisan yang diketik menggunakan mesin tik / tulisan tangan / notes yang lalu di scan dan dipublikasikan melalui blog.
7.Splog - singkatan dari spam blog. Blog berisikan hanya iklan dan tidak ada yang lain.
8.Blog iklan baris – Blog berisi iklan baris.
9.Blog Copy Paste - Blog yang kontennya copy paste dari blog lain.
II.4.4. Berdasarkan Genrenya
1.Personal Blog – Blog pribadi, tentang seseorang
2.Political Blog – Blog bertopik Politik
3.Travel Blog – Blog berkategorikan travelling, atau panduan travelling
4.Fashion Blog – Blog tentang fashion
5.Music Blog – Blog tentang musik
6.Education Blog – Blog tentang pendidikan




II.5 Kelebihan dan Kekurangan dari Blog
Blog merupakan wabah baru didunia internet saat ini, jadi sebelum ada melakukan blogging tidak ada salahnya kalau anda melihat beberapa pertimbangan kelebihan dan kekurangan blog.

a. Kelebihan blog

Selain karena sifatnya yang ada dalam jaringan internet, beberapa kelebihan dari blog lainya adalah sifatnya berdiri sendiri sebagai media, selain itu blog juga cenderung non-formal dalam penggunaan bahasa yang dipakainya.

Blog memungkinkan terjadinya iteraktifitas atara sember dengan penerima informasi. Informasi yang disampaikan akan langsung direspon, ditambahi, dikoreksi dan diperkaya oleh orang lain. Oleh karena itu, suatu topic mungkin bisa menjadi lebih menarik dengan adanya diskusi antara blooger dengan pengunjung weblognya. (Nurist Surayya dalam jurnalisme Weblog merupakan Pola Baru Jurnalisme Media Massa, hal 1, 2005) http://nurriest.blogdrive.com/archive/10.html.

Weblog adalah media yang digunakan secara personal, baik individual maupun institusional. Tidak ada persyaratan personal yang diberikan dari pihak manapun untuk bisa memiliki dan mengelola weblog sendiri. Formatnya yang mudah diaplikasikan dan pengelolaannya yang tidak rumit membuat media ini bisa diopersikan oleh siapapun. Tidak diperlukan kemampuan teknis atau kemampuan dasar jurnalisme untuk mempublikasikan informasi dalam weblog.


b. Kekurangan blog

beberapa kekuranga blog diantaranya adalah rentan terkena virus, hacker atau spywere. Selain itu, blog juga kurang sentuhan manusiawi, mudah disalahgunakan fungsinya, dan tulisan yang ada di dalam blog kurang dapat dipertanggung jawabkan.

Untuk itu, ada beberapa upaya agar kekurangan ini dapat diminimalisir. Diantaranya yakni dengan menggunakan bahasa pemograman yang aman, manggunakan desein menarik, dan memiliki control penulisan artikel yang benar. Untuk selengkapnya bisa mengunjungi blog saya di http://www.nadigaoh.blogspot.com

















BAB III
KESIMPULAN

III.1. KESIMPULAN
Blog merupakan singkatan dari "web log" adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Posting-posting tersebut seringkali dimuat dalam urutan secara terbalik, meskipun tidak selamanya demikian. Situs web semacam itu biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.
merubah budaya lisan menjadi tulisan. Ini TERAMAT SANGAT PENTING SEKALI. Dalam upaya mengubah budaya lisan menjadi tulisan, sebenarnya terkandung makna merubah budaya nonton menjadi budaya baca.
Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam, dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis. Banyak juga weblog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, yang dapat memperkenankan para pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga yang yang sebaliknya atau yang bersifat non-interaktif.





DAFTAR PUSTAKA

http://ridwanaz.com
http://nadigaoh.blogspot.com

2 komentar:

Akbar mengatakan...

Mantap articlenya

Anonim mengatakan...

izinn di jadikan sumber pustaka yachh buat penulisan makalah PTIK,, :')
thankyu

Poskan Komentar